Tugas utama seorang Customer Service adalah
memberikan pelayanan yang prima dan membina hubungan baik dengan
nasabah/klien. Seorang Customer Service juga harus bertanggungjawab dari
awal sampai selesainya suatu pelayanan. Customer Service dapat juga
berfungsi sebagai :
1. Penerima Tamu
Dalam hal ini Customer Service melayani pertanyaan yang diajukan tamu
dan memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin dengan
sopan, ramah, menarik dan menyenangkan. Harus selalu memberikan
perhatian , bicara dengan suara jelas dan lembut, serta menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti.
2. Customer Relation Office
Artinya bahwa Customer Service adalah orang yang dapat membina
hubungan baik dengan klien. Sehingga merasa puas, senang, dan makin
percaya. Customer Service harus menyiapkan formulir atau brosur untuk
tamu, ikut membantu mengisi formulir.
3. Komunikator
Dengan cara memberikan segala informasi dan kemudahan-kemudahan
kepada tamunya, juga sebagai tempat menampung keluhan, keberatan atau
tempat konsultasi.
Syarat Customer Service
1. Syarat Fisik :
1. Syarat Fisik :
- Menarik dari segi wajah
- Tingga badan dan berat badan harus proporsional, misalnya tinggi badan ideal untuk laki-laki 165 cm dan wanita 160 cm.
- Memiliki kesehatan jasmani dan rohaninya.
2. Syarat mental, harus memiliki :
- Mental yang kuat dalam melayani pelanggan/klien, karena akan
memberikan kepercayaan diri yang lebih baik, memberikan keyakinan dan
menimbulkan sifat kejujuran dan tanggungjawab yang besar terhadap apa
yang dilakukannya.
3. Syarat Kepribadian :
- Energik dan gesit
- Rasa humor dan selalu ingin maju
- Mampu mengendalikan diri
- Tidak mudah marah
- Tidak terpancing untuk berkata atau berbuat kasar.
4. Syarat Sosial :
- Jiwa Sosial yang tinggi
- Bijaksana
- Budi pekerti yang luhur
- Pandai bergaul dengan siapapun
- Dapat bekerjasama dan berkomitmen dengan berbagai pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar